Senin, 07 Januari 2013

MERANCANG JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan, instansi pemerintah maupun swasta bahkan disekolah-sekolah terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam internet berlipat ganda.    

Apabila kita di rumah mempunyai  komputer lebih dari satu, dan masing-masing komputer ingin terhubung antara satu dengan yang lainnnya supaya bisa sharing data, printer, sharing koneksi internet dan sebagainya, kita bisa lakukan dengan membuat  jaringan komputer LAN (Local Area Network)  sederhana. Ini pasti akan berguna daripada ada yang ingin mencetak halaman website dari kamar tetapi agar bisa mencetak harus ke printer yang ada di ruang tamu. Kalau ada orang di ruang tamu, minta tolong aja nyalakan printer dan berikan perintah di printer untuk mencetak dari dalam kamar.

Kali ini kita gunakan koneksi kabel yaitu menggunakan kabel data UTP (Unshielded twisted pair), yaitu standar kabel untuk koneksi jaringan LAN. Komputer yang dipakai  pada saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan LAN Card  atau disebut juga NIC (Network Interface Controller), atau Ethernet Card.
  1. Kalau jumlah komputer yang akan dikoneksikan hanya dua  buah, kita hanya cukup menyediakan  satu buah kabel UTP dengan panjang sesuai jarak antara komputernya yang di kedua ujung kabelnya telah dipasangi konektor RJ-45(standard konektor untuk kabel LAN UTP) dengan konfigurasi Cross/ silang.
  2. Kalau Jumlah komputer yang akan dikoneksikan lebih dari 2 buah, maka kita harus menambahkan suatu alat  yang bernama  Switch atau Hub. Pada saat ini harga sebuah switch untuk standard rumahan sudah sangat terjangkau.
  3. Dari masing – masing komputer dihubungkan ke switch  menggunakan kabel UTP dengan konektor RJ-45 di kedua ujungnya dengan konfigurasi Straight/lurus.
  4. Pemasangan konektor  pada kabel UTP bisa dibuat sendiri, tetapi untuk mudahnya sobat tinggal pergi saja ke toko komputer yang juga menyediakan  peralatan jaringan, dan tinggal bilang untuk membeli kabel UTP sekalian pasangkan konektornya dengan konfigurasi cross/silang  untuk koneksi komputer ke komputer(dua buah komputer), atau straight/lurus untuk  koneksi lebih dari 2 komputer / menggunakan switch.
  5.  Masuk ke Network Connection (Start—>Control Panel —>Network Connection  )
  6.   Pilih/dobel klik Local Area  Connection
  7.   Dobel klik pada Internet Protocol (TCP / IP)
  8.  Klik Use The following IP address, kemudian isi IP address dan subnet Mask,kemudian isikan no IP sebagai berikut :       Komputer1      IP        Address           :192.168.0.1
                                        Komputer2      IP        Address           :192.168.0.2
                                  Komputer3      IP        Address           :192.168.0.3
                                  Komputer4      IP        Address           :192.168.0.4 dan seterusnya.
                                  Subnet             Mask harus sama         : 255.255.255.0
  9. Di Komputer1 :  Klik Start —>Klik Run—>ketik CMD —> klik OK,  maka akan tampil Command Prompt
  10.  Ketik ping  192.168.0.2  tekan enter harus ada reply dari komputer2
  11.  Lakukan perintah yang sama untuk mengetahui koneksi ke komputer yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar